Memahami Peradaban Manusia Sebagai Bentuk Dialektika Perkembangan Materialisme Historis

11/08/2018

Suatu peradaban manusia dapat diketahui sebagai perkembangan terhadap berbagai ilmu pengetahuan sosial yang berlangsung perkembangan peradaban manusia. Yang menarik, ketika ilmuwan sosial kontemporer untuk diketahui menjadi dua bagian yaitu, dialektika dan materialism yang menjadi kunci terhadap berbagai kata dalam menroperasionalkan pendekatan ilmiah ilmuwan sosial tersebut.

Dalam sebuah dialektika sebagai metode analisis yang berintikan pandangan mengenai pertentangan yang kemudian muncul yang membentuk manusia dengan berbagai sistensa baru dan akhirnya menjadi tesis yang saling bertentangan dengan suatu sintesa baru yang lebih tinggi tingkat pengertiannya.
Melalui analisis dialektika secara esensial bahwa keseluruhan adalah disusun atas kesatuan bagian yang saling berhubungan dengan berbagai kemungkinan yang tidak mengerti suatu realita tanpa pertama-tama yang menghubungkan ini dengan konteks.

Maka, dengan beberapa penjelasan mengenai bagian hanya dapat disempurnakan lewat anlisis secara keseluruhan. Dengan pendekatan dialektis metode yang paling baik dapat dipahami sebagai fenomena yang saling berhubungan baik berdasarkan pandangan terhadap dasar perkembangan peradaban manusia.


Misalkan, ada penemuan bahwa manusia berasal darimana, kemudian berkembang berdasarkan peradaban manusia yang merupakan produksi kebutuhan material manusia dengan menentukan bentuk masyarakat perkembangannya.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close