Pandangan Suatu Konsep Geminschaft Serta Gesellschaft Menurut Ferdinand Tonnies

12/02/2018

Dengan suatu ikatan antara semakin bergeser kearah ikatan kepentingan, yang tidak lagi pada suatu daerah. Dengan pergeseran sifat dari suatu komunitas bersahaja ke komunitas modern yang tidak mudah sepenuhnya mengubah karakteristik dasar suatu komunitas, yakni adanya ikatan berbagai wilayah yang dapat dijangkau dan tidak. 

Pada konsep Geminschaft dan Gessellschaft tersebut, maka dalam garis besarnya pada pola hubungan dasar yang bersifat statis secara tak rasional pribadi, sedangkan pada Gessellschaft bersifat dinamis rasional tai pribadi. Kelompok tersebut, dapat diketahui bagaimana kelompok primer suatu kelompok hubungan antar anggotanya bersifat akrab, intim dan informal.

Sedangkan pada kelompok sekunder adalag kelompok yang hubungan antar anggotanya tidak akrab dan tidak langsung. Ketika yang perlu diperhatikan, dengan indentifikasi tersebut diatas sekalipun cukup membantu pemahaman kita terhadap konsep society dan community, namun juga mengandung berbagai kekurangan.
Pada masyarakat tersebut dikenal sebagai konsep society dan community namun mengandung kelemahan-kelemahan, sebagai contoh kelmpok primer yang juga terdapat di dalam masyarakat kota. Di lain pihak, hubungan yang rasional, dinamis dan tak pribadi pun terdapat di Desa-Desa, yakni antara Desa yang sudah berkembang dan tidak.

Untuk menghindar suatu kemungkinan ini maka, pengertian mengenai society maupun community yang dibangun oleh berbagai ahli merupakan bangunan yang konseptual yang bersifat umum atau suatu generalisasi yang memang bersifat abstrak.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close