Pandangan Teoritis Struktural Fungsional

12/09/2018

Pada teori structural fungsional perlu diperhatikan ketika memahami pemikiran para tokoh mengenai berbagai teori structural fungsional. Dalam perkembangan sejarah sosiologi, pada umumnya para sosiolog awal menggunakan teori structural fungsional dalam menjelaskan fenomena dan kenyataan sosiologis seperti Aguste Comte, Herbert Spencer, dan Emile Durkheim.

Secara teoritis untuk memahami teori structural fungsional dari Merton, dapat memahami bagaimana perkembangan sosiologi klasik dan modern. Sebagai suatu strategi untuk memusatkan perhatian berbagai fenomena sosial yang terjadi di masyarakat, maka perlu memahami berbagai pengetahuan yang dimiliki untuk pandangan dalam suatu sistem.
Dengan penyesuaian terhadap berbagai sistem yang dimaksud (intended) dan dikenal (recognized) dengan partisipasi dalam sistem itu. Sementara, fungsi laten sebagai konsekuensi objektif yang menyumbang pada penyesuaian terhadap sistem itu tidak dimaksudkan (intended) dan tidak dikenal (recognized) oleh partisipasi dalam sistem itu.


Misalnya, fungsi manifest dari pendidikan adalah menambah pengetahuan dan yang lebih tinggi, membantu. Sedangkan fungsi manifesnya adalah memperpanjang usia, serta lainnya dengan berbagai jenis kelamin yang memang saat ini menjadi tren pada masyarakat yang mesti diketahui selebihnya.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close