Perkembangan Sosiologi Pedesaan Di Berbagai Aspek

1/08/2019

Sejarah Perkembangan Sosiologi dapat ditelusuri dari sebuah tulisan Robert K.Merton yang membagi perkembangan sosiologi sesuai dengan tema seperti sosiologi politik, sosiologi hukum, sosiologi pendidikan, sosiologi agama, sosiologi keluarga, sosiologi kesehatan, sosiologi seni dan sosiologi ekonomi, dls. Dilihat perspektif area kajian maka sosiologi berkembang menjadi sosiologi pedesaan dan sosiologi perkotaan.

Meskipun terjadi diprensiasi objek kajian sosiaologi namun semuanya tetap berakar pada sosiologi, yang memusatkan perhatian pada kehidupan manusia hubungannya dengan lingkungannya. Sosiologi pedesaan sebagai salah satu cabang dari sosiologi, perkembangannya tidak terlepas dari peranan para akademisi di Amerika Serikat yang lebih dari setengah abad, yang telah mengembangkannya sehingga merupakan bidang akademik yang terpandang dan professional.

Seperti diketahui bahwa sosiologi pedesaan tumbuh dan berkembang pertama kali di Amerika Serikat, bermula dari para pendeta Kristen yang hidup di daerah pedesaan, (pertanian) yang menuliskan bagaimana kondisi social ekonomi masyarakat pedesaan yang hidup di bagian utara negeri itu.


Masalah itu timbul bersamaan dengan lahirnya industry di benua ini yang menyebabkan sebagian daerah pedesaan menjadi terbengkalai, bahkan beberapa daerah pedesaan di New England dan daerah timur Laut Amerika Serikat sempat mengalami depopulasi sehingga mengundang isu kemanusiaan yang muncul kepermukaan, berakhirnya masa penjelajahan baruke arah barat pada tahun - tahun akhir abad ke Sembilan belas, dan hal itu memberian dampak pada kehidupan pedesaan.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close