Budaya Politik : Perbedaan Proses Sosialisasi Politik

2/15/2019

Pada tiap Negara dapat menimbulkan budaya politik yang berbeda di tiap Negara. Yang dalam hal ini, budaya politik berbeda di tiap Negara dapat menyebabkan perbedaan kinerja sistem politik tiap Negara. Budaya politik juga dapat membentuk identitas Nasional, sebab budaya politik merupakan sikap, tingkah laku dan orientasi pemikiran politik dari masyarakat.

Sebagaimana, diketahui bahwa budaya politik merupakan norma dan nilai-nilai yang melekat dalam diri individu serta menjadi dasar bagi cara pandang, sikap, maupun tingkah laku individu itu sendiri. Maka, pandangan budaya politik dapat berkembang, berubah ataupun tetap.

Kemungkinan, dalam hal ini besar budaya politik dapat berkembang akan cendrung dapat berubah dan berkembang. Hal ini, karena proses politik akan berubah sesuai dengan sistem politik yang kian berubah ke generasi berikutnya, maka dipahami sebagai proses pewarisan nilai dan norma politik.


Dengan adanya, dapat dipertahankan budaya politik yang baik atau tidak, merupakan bagian dari proses demokrasi yang berlangsung berdasarkan sistem politik yang berlaku di masyarakat, dan juga pada masa pemerintahan.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close