Unsur-Unsur Politik Dan Sosial Masyarakat

2/15/2019

Suatu konsep intersipliner dengan berbagai problematika tersebut, dapat digunakan dengan prespektif ekonomi politik yang di dalamnya terkandung pada factor politik dan paradigmanya. Jika suatu pandangan politik ditinggalkan, dikhawatirkan bahwa pemikiran ekonomi akan kehilangan maknanya secara signifikan.

Jika ilmu ekonomi dipisahkan dari unsur dunia politik dan sosial maka yang muncul adalah technical virtuosity dan konsistensi internal saja, yang sedangkan eksistensi relevansi sosial tidak terdeteksi. Hakikat ekonomi politik adalah teori evolusi sosial yang didalamnya inti dari dinamika ekonomi dengan dihubungkan secara sistematis dengan perubahan sosial politik.

Pengertian mengenai hal ini, pada hakikatnya memiliki evolusi sosial tidak terdeteksi, dimana dalam hal ini berbagai perubahan sosial yang pada saatnya kelak akan memberikan sistem ekonomi tersendiri. Berbagai perkembangan politik yang kian berubah sesuai masa pemerintahan akan, membawa berbagai situasi politik yang melandasi berbagai kepentingan umum dan khusus.

Dengan pemahaman mengenai ekonomi politik dapat dipastikan adanya interaksi maupun tingkah laku yang ada berdasarkan karakteristik masing-masing masyarakatnya. Untuk itu, berbagai perbedaan yang ada dapat disesuaikan dengan kebutuhan dasar suatu masyarakat.


Sistem politik yang menjadi penentu suatu masyarakat, dapat dipastikan akan berubah hal ini disesuaikan dengan perputaran politik yang terus terukur. Dengan berbagai kompletasi suatu masyarakat, dapat diketahui berdasarkan usaha-usaha dari berbagai aktivitas ekonomi yang berlangsung.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close