Memahami Objek Pasar Dalam Studi Ekonomi Politik

2/17/2019

Berbagai alokasi aktivitas ekonomi, biaya atau factor produksi dan keuntungan yang diraih, pada setiap siklus lain dengan berbagai efek pasar dan kekuatan ekonomi yang amat menentukan pula terhadap bagaimana distribusi kekuasaan dan kapabilitas dan kapasitan Negara yang benar terwujud menjadi kekuasaan (power).

Berbagai objek pasar dalam studi ekonomi politik, dimana dalam hal ini focus utama karena dianggap sebagai salah satu penyebab transformasi atau perubahan masyarakat dibidang ekonomi dan politik. Pasar dianggap sebagai wadah aktivitas masyarakat dalam sector perekonomian yang di dalamnya barang dan jasa dipertukarkan berdasarkan harga relatif.
Respon politiknya adalah berupa usaha melindungi masyarakat dari kuat pengaruh pasar, dimana dalam hal ini efek pasar juga berpengaruh terhadap distribusi dalam masyarakat, yang seringkali pembagiannya tidak merata. Respons politik adalah bahwa Negara berusaha mengarahkan kekuatan pasar agar dapat menguntungkan setiap warga Negara dan kelak akan membuahkan stratifikasi sosial ekonomi yang harmonis. 


Efek pasar dapat berupa interdependensi ekonomi, yakni dengan membentuk hubungan power antara kelompok masyarakat sehingga menciptakan kelemahan yang dapat dieksploitasi, dan penggandaan. Respons politiknya adalah bahwa Negara berusaha meningkatkan independensi mereka dengan dependensi Negara lain terhadap guna melindungi diri dan membatasi kerugian terhadap warga Negaranya.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close