Budaya Lokal : Pada Masyarakat Adat Secara Sosial

3/14/2019

Budaya lokal merupakan salah satu budaya yang mencakup berbagai aktivitas masyarakat lokal atau masyarakat adat yang masih membudaya atas tradisi serta adat istiadat yang mereka yakini. Dengan berbagai ragam budaya terhadap pengenalan masyarakat adat dapat dipahami sebagai menjaga tradisi masyarakat berdasarkan tempat asal yang mereka yakini.

Pada bagian Barat Borneo yang dikenal dengan berbagai ragam budaya serta tradisi yang mereka ketahui berdasarkan sistem adat tentunya mencakup berbagai setiap pertemuan yang tampak dari budaya yang mereka miliki.

Dengan demikian, berbagai tradisi pada masyarakat adata, terutama di pengujung Kalbar, merupakan salah satu tradisi yang masih dipertahankan berdasarkan motif yang mereka miliki. Dengan berbagai ragam budaya tersebut, maka suatu budaya dapat dipertahankan berdasarkan sistem generasi yang mereka miliki dengan masyarakat kampong.

Budaya adat, yang diketahui sangat kental pada masyarakat adat merupakan salah satu warisan leluhur dimasa silam. Sehingga, berbagai hal terkait dengan hubungan sosial serta politik, dibutuhkan sosialisasi yang penuh untuk dapat dipahami mereka secara sederhana.


Maka, dari itu berbagai sistem informasi yang masuk pada sebuah kampong harus dibantu untuk diketahui berdasarkan hal yang rasional berdasarkan kebutuhan masa sekarang. Sehingga, apa yang disampaikan dapat bermanfaat bagi masyarakat yang menganut sistem masyarakat adat.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close