Kebudayaan Sebagai Proses Landas Involusi

3/17/2019

Perubahan yang sejalan secara perlahan dan gradual ini sering tidak dirasakan oleh masyarakat dan perubahan seperti hal tersebut disebut sebagai evolusi. Pada perubahan memiliki bentuk lain yang adalah suatu proses perubahan yang sejalan secara cepat, yang sering disebutkan sebagai revolusi.

Involusi kebudayaan merupakan apa yang menurut Geertz dimana penetrasi Kapitalisme Barat terhadap sistem kebudayaan pertanian yang mengakibatkan suatu proses tinggal landas, dimana berupa peningkatan jumpah penduduk pedesaan.

Dengan kelebihan penduduk untuk dapat diserap pada sistem pertanian suatu budaya melalui proses involusi, yaitu kerumitan berlebihan yang semakin rincih yang memungkinkan tiap orang tetap menerima bagian dari panen.

Evolusi adalah suatu proses perubahan dan perkembangan yang berjalan secara lambat dari sesuatu yang sederhana menuju arah yang lebih kompleks, menyita waktu yang panjang dan biasanya melalui berbagai bagian tahapan diferensiasi yang sambung menyambung.

Proses evolusi ini dapat bersifat linier, seperti suatu pergerakan daru suatu titik ke titik lainnya dalam suatu garis saja. Maka, arah perkembangan menkikuti suatu pola yang pasti. Tetapi proses dapat pula bersifat multilinier, yaitu suatu proses perubahan yang mengikutu suatu garis yang kemudian pecah dan bercabang dan kemudian seterusnya. Proses tersebut, dikenal sebagai evolusi manusia.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close