Leslie White : Perkembangan Suatu Kebudayaan Dan Masyarakat

3/21/2019

Pada dasarnya manusia mampu beradaptasi dengan berbagai lingkungan, dengan cara mengembangkan teknologi yang sesuai dengan kemampuan akal dan kemampuan kerja mereka. Menurut para ahli, seperi Leslie White, menjelaskan bahwa perkembangan suatu kebudayaan dan masyarakat ditentukan oleh penemuan teknologi dalam suatu masyarakat.

Terutama dalam hal ini, yang berkaitan dengan sistem produksi, yang merupakan hal sebenarnya merupakan pencerminan dari mekanisme adaptasi yang dilakukan oleh manusia. Misalnya, adalah kegiatan produksi masayarakat pedesaan yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan dasar utama mereka.

Berdasarkan upaya yang dilakukan manusia tersebut, maka seringkali muncul perkembangan dan perubahan dalam sistem produksi utama dalam suatu komunitas. Hal ini, dapat terlihat ketika interaksi sosial terjadi dalam pengerahan sumber daya manusia yang ada dan juga dalam aktivitas distribusi surplus produksi mereka.

Hal ini, dapat diketahui pada komunitas petani di masyarakat pedesaan, dimana mereka menemukan alat produksi mereka sesuai dengan budaya yang mereka kerjakan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, berbagai ragam budaya yang mereka lakukan pada sistem pertanian mereka dapat diketahui berdasarkan tahapan kegiatan, dalam aktivitas distribusi surplus produksi mereka.

Berbagai pengalaman yang dilakukan pada masyarakat pedesaan, dapat diketahui berdasarkan sistem pertanian yang mereka terapkan berdasarkan kebutuhan dasar mereka. Maka, dari itu berbagai sistem produksi yang diterapkan masyarakat Desa dapat diketahui berdasarkan distribusi dan produksi yang mereka lakukan.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close