Budaya Politik Mempengaruhi Hubungan Antar Kelompok

4/17/2019

Suatu hubungan dalam konteks hubungan yang mempengaruhi berbagai hubungan antarkelompok yang memiliki berbagai dimensi yang mencakup dimensi sikap, dimensi sejarah, dimensi institusi dan dimensi gerakan sosial.

Melalui dimensi sikap kita mengamati sikap anggota suatu kelompok terhadap kelompok lain, dan sebaliknya. Misalnya, dalam hal ini kelompok etnik dengan berbagai stereotip mengenai berbagai kelompok lain. Dalam hal ini, dimensi sejarah diarahkan pada tumbuh dan berkembangnya hubungan antarkelompok. Serta berhubungan dengan hubungan dominasi dan perbudakan.

Kadang dalam hal ini, peran institusi dalam masyarakat, seperti dimensi institusi ekonomi politik dan sosial dapat berperan dalam memperkuat pola hubungan antarkelompok yang ada. Misalnya, peran institusi pemerintah dalam hubungan perburuhan.

Dalam hal ini, bagaimana peran institusi menanggapi hal ini, tentunya memperkuat hubungan hubungan antarkelompok yang ada. Misalnya, peran institusi pemerintah dalam hubungan Desa dan Kota, dalam hal ini harus diperhatikan dengan seksama.


Hal ini, dapat diketahui ketika peran suatu institusi dalam menaati berbagai sistem sosial yang ada di masyarakat, mesti diperhatikan dengan berbagai peran yang dilakukan berdasarkan keputusan atau kebijakan yang dibuat berdasarkan kebijakan suatu Negara.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close