Pandangan Perpindahan Penduduk Mengenai Masyarakat Arab

5/10/2019

Secara historis dan kodrati ketika kaum minoritas bermigrasi ke setiap wilayah, tentunya akan ada berbagai pemahaman mengenai berbagai tempat keberadaan. Yang maka, hal ini berasal dari etnis Arab misalnya, dengan sangat menyesalkan pernyataan salah satu tokoh intelilejen Negara terkait pentingnya menjaga stabilitas negara dengan menyebut warga keturunan Arab. 

Ketika, sebagai seorang yang cukup lama mengenyam pendidikan agama dan hingga saat ini masih aktif menyebarkan ajaran agama dengan perspektif rasionalitas, saya merasa terpanggil untuk memberikan sebuah sanggahan sekaligus edukasi agama yang bisa saya pertanggungjawabkan. 

Lebih berterimakasih lagi bila beliau dan institusi keamanan memberikan kepada saya kesempatan untuk menyampaikan presentasi tentang Islam dalam persepktif lain sebagai pandangan alternatif. Sebagai orang yang merasa punya kompetensi intelektual secara akademis dan konsisten menyebarkan toleransi, "saya merasa perlu untuk memberikan tanggapan rasional".

Ini bukan soal reaksi sentimentil dan bukan soal tersinggung, komunitas kecil yang tak jarang menjadi objek kesalahpahaman cenderung mengabaikan masalah ketersinggungan dan lebih mengutamakan alasan bertahan hidup di tengah masyarakat majemuk yang tak sepenuhnya bebas dari sentimen primordial. 

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close