Ciri Kelompok Yang Sangat Erat Kaitannya Dengan Suatu Budaya

6/02/2019

Pengetahuan budaya, dapat dicirikan dengan berbagai benda budaya yang terfokus pada pengetahuan budaya yang menjadi arahan dalam melakukan dorongan bagi terwujudnya budaya. Pada masa lalu, istilah suku bangsa dan kebudayaan sangat erat kaitannya dengan berbagai satu suku bangsa yang identik dengan satu kebudayaan.

Sampai sekarang kondisi masih melekat disebagian besar masyarakat untuk dengan mudahnya mendeteksi adanya Kebudayaan Sunda, Kebudayaan Jawa, Kebudayaan Batak, Kebudayaan Toraja, Kebudayaan Amungme dan lainnya.

Kebudayaan, tersebut merupakan salah satu ciri dari berbagai kespesifikan kebudayaan dengan berbagai suku bangsa, misalnya saja sistem subak adalah model pengairan dari suku bangsa Bali, kemudian tari Serimpi adalah kebudayaan Jawa.

Padahal kita, juga bisa mengindentifikasi adanya tarian Serimpi yang dilakukan oleh bukan Jawa. Orang Bali ada juga tidak mengenal Subak tetapi mengenal sistem sawah, pasang surut karena tinggalnya di Kalimantan Selatan.


Kemudian, ada juga perpindahan orang dari suku bangsa tertentu di daerah lain, seperti orang Minagkabau ke Jakarta, atau ke negeri sembilan di Malaysia, sedangkan orang Jawa di Suriname. Pada daerah tersebut mereka bisa membangun rumah model arsitektur asli di kampungnya. Hal ini, menggambarkan bagaimana kehidupan budaya setiap suku pada awalnya hidup dengan berpencar-pencar dan tidak saling berhubungan dengan kelompok lainnya.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close