Pengetahuan Budaya Berdasarkan Hubungan Terkait Kelompok

6/02/2019

Secara keseluruhan, pengetahuan budaya merupakan salah satu tingkah laku budaya dan benda-benda budaya yang dipunyai oleh sebuah kelompok orang yang dikatakan sebagai suatu kebudayaan. Pedoman yang menjadi acuan semua orang dengan berbagai pedoman untuk bertingkah laku yang tentunya sesuai dengan lingkungan yang ada pada sekelompok orang yang bersangkutan dan perwujudannya akan berbeda antara masing-masing kelompok orang tersebut.

Apabila perbedaan lingkungan mempengaruhi gambaran sebuah kelompok, maka kelompok orang dengan lingkungan pantai dan laut sebagai lingkungan alamnya akan berbeda dengan orang yang berada di daerah pegunungan sebagai lingkungan alamnya. Hal ini, akan terkait dengan model-model pengetahuan dari kelompok orang tersebut sebagai simbol kognitif.

Artinya bagaimana kelompok orang tersebut, menterjemahkan melalui pengetahuan lingkungan yang dihadapinya, dan kemudian berhasil dari pemahaman yang diterjemahkan melalui pemikiran dan diwujudkan sebagai bentuk tindakan dan tingkah laku.


Bagi masyarakat pantai tentunya terdapat simbol dari semua jenis ikan yang ada di dalamnya dan semua orang pantai pasti mempunyai pengetahuan tentang lingkungannya tersebut. Begitu juga dengan orang pegunungan yang dapat dengan gamblangnya menterjemahkan kondisi serta apa-apa saja yang ada di lingkungan pegunungan.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close