Kebijakan Kongres Di Amerika Serikat : Catatan Mengenai Persoalan Pelanggaran

7/26/2019

Catatan : Amnesty International Indonesia (AII) sengaja mengangkat kasus penyiraman air keras penyidik KPK Novel Baswedan di Kongres Amerika Serikat dan sejumlah badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). 

Staf Komunikasi dan Media AII, Haeril Halim mengatakan salah satu alasannya karena kasus tersebut diduga masih terkait dengan isu korupsi.

"Sama seperti isu pelanggaran HAM, kesetaraan gender, dan pemanasan global, isu korupsi adalah isu global yang sangat penting. Kami menilai serangan yang ditujukan terhadap Novel Baswedan sangat memperlihatkan hubungan erat isu korupsi dan HAM," ujar Haeril dalam keterangan tertulis, Jumat (26/7).

Adapun alasan ketiga, kasus Novel merupakan ancaman bagi semua pihak yang hendak memperjuangkan Indonesia bebas korupsi serta kekerasan dan pelanggaran HAM. 

"Di kasus Novel, ancaman yang luar biasa yang bukan hanya ditujukan kepada aktivis yang biasanya berada di luar pemerintahan, tetapi juga pada setiap aparat penegak hukum dan pejabat pemerintahan," ujarnya.

Terkait dengan situasi itu, AII berharap kasus Novel menjadi pemersatu bagi para aktivis, penegak hukum, dan pemerintah dalam bekerja sama.


0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close