Pengertian Sosial Politik Sebagai Paham Etika Berdemokrasi

7/18/2019

Berbagai persoalan yang menyangkut demokrasi yang memberikan actual terhadap prinsip dengan berbagai tuntuta common good sebagai bentuk penyempurnaan manusia sehingga setiap orang dapat memperkembangkan seluruh kemampuan dalam kerja sama dengan individu yang dapat diterima dalam lingkup masyarakat dan komunitas tertentu.

Kemudian tuntutan kebebasan untuk menentukan diri sendiri sekaligus independensi terhadap orang lain. Serta, tuntutan kebebasan untuk menentukan diri sekaligus berbagai hubungan keadilan sosial serta memberikan kepada seseorang apa yang menjadi haknya dan tanpa diskriminasi dalam segala sesuatu.

Dalam prespektif etika berbagai unsur mengenai kebaikan hubungan antar manusia secara personal yang bertujuan menjamin terwujudnya pemahaman manusia mengenai apa yang diyakini sebagai baik dan jahat (konsep moral yang paling dasariah), dalam sebuah relasi yang terbangun baik untuk tingkat relasi individu, sesama dan Negara.

Pengertian ini, menempatkan etika sosial-politik sebaga keutamaan (virtue) yang utuh, dalam pandangan ini, bagaimana cara menghidupan moral masyarakat sipil dan pluralistik. Karena, dalam hal ini krisis akan hal ini, dapat diketahui setiap pada manusia itu sendiri. Karena, dalam hal ini etika dapat menghidupkan tanggung jawab personal dan sosial dalam menjalankan aktivitas hidup bernegara.


Berbagai anggapan mengenai hal ini akan menyerupai berbagai istilah yang memiliki ruang lingkup kesadaran dalam sebuah masyarakat secara menyeluruh. Sehingga, berbagai pandangan politik akan tampak dalam suatu Negara tersebut. Karena dengan berbagai dinamika yang ada di masyarakat yang tidak dapat diprediksi antar setiap manusia atau individu.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close