Perencanaan Pembangunan Mengenai Pemindahan Ibukota

7/30/2019

Ia menegaskan, pemerintah tidak ingin tergesa-gesa dalam merencanakan pemindahan ibu kota negara itu. Tetapi pemerintah ingin secepatnya diputuskan. Kajiannya hingga sekarang belum rampung. Kajian itu termasuk soal air, keekonomian, demografi, sosial, politik, pertahanan, dan keamanan. 

Di tempat terpisah, penegasan rencana pemindahan ibu kota masih dalam tahap kajian. Karena itu, alokasi dananya pun belum dapat masuk rencana anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) dalam waktu dekat. "Jadi (tahapannya) memilih, menentukan, baru perencanaan.

Ini masih tahap kajian. APBN itu kalau jelas perencanaannya, kalau belum ada perencanaannya ya bagaimana mau masuk APBN,". Sebelumnya, institusi Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengatakan, lokasi pemindahan ibu kota sudah diputuskan di Pulau Kalimantan.

Namun ia enggan menyebutkan nama provinsinya. “Pulaunya Kalimantan, provinsinya nanti (menyusul),”. Hal ini, masih dibutuhkan berbagai kajian terkait persoalan pemindahan ibukota. Karena, berbagai hal yang terkait dengan hubungan masyarakat setempat. Terutama, juga dalam hal ini dengan berbagai persoalan dasar dan kebutuhan masyarakat.

Sumber : https://katadata.co.id/berita/2019/07/30/jokowi-ibu-kota-pindah-ke-kalimantan-agustus-akan-diumumkan? 

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close