Pengertian Budaya Secara Mendasar Mengenai Manusia

8/20/2019

Kebudayaan adalah cara khas manusia membangun alam guna memenuhi keinnginan-keinginan serta tujuan hidupnya, yang dapat dilihat sebagai proses humanisasi. Dari berbagai definisi kebudayaan diatas dapat diketahui mengenai berbagai hubungan budaya yang mampu mewakili pengertian kebudayaan secara menyeluruh.

Definisi tidak mampu mewakili pengertian kebudayaan secara menyeluruh pada masing-masing definis yang hanya menyentuh sebagian dari pengertian kebudayaan. Karena, dalam hal ini dipahami sebagai bagian dari sistem sosial budaya masyarakat.

Apabila kita merujuk pada pengertian tersebut, maka dengan berbagai fungsi kebudayaan merupakan salah satu cara mengenai berbagai sistem yang meliputi, gagasan, kelakukan, dan hasil karya. Berbagai definisi diatas dapat diketahui dengan berbagai kebudayaan yang memiliki peran serta terhadap berbagai sistem budaya sosial masyarakat.

Wujud dari sebuah kebudayaan merupakan salah satu kompleksitas dari ide-ide, gagasan, serta nilai-nilai, norma peraturan dan sebagainya. Sementara, wujud kebudayaan sebagai suatu kompleks aktivitas serta tindakan berpola dari manusia dan masyarakat. Wujud dari kebudayaan disebut dengan sistem sosial atau social system.


Kemudian, wujud kebudayaan sebagai benda hasil karya manusia, dengan wujud tersebut, maka ketiga dari kebudayaan disebut kebudayaan fisik, dan tidak memerlukan berbagai penjelasan mengenai hasil fisik dari aktivitas. Karena, perbuatan dari karya semua manusia dalam masyarakat.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close