Sistem Sosial Budaya Manusia Pada Masyarakat Berdasarkan Unsur Serta Ciri Kebudayaan

8/15/2019

Pengetahuan mengenai, sosial menurut Lena Dominelli adalah bagian yang tidak utuh dari sebuah hubungan manusia sehingga membutuhkan pemakluman atas hal-hal yang bersifat rapuh didalamnya. 

Sedangkan menurut Edward B. Tylor berpendapat bahwa kebudayaan adalah keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya termuat kepercayaan, pengetahuan, kesenian, moral, adat istiadat, hukum, dan kemampuan-kemampuan lain yang diperoleh seseorang sebagai bagian dari masyarakat. 

Berdasarkan perubahan sosial budaya bisa terjadi apabila satu kebudayaan melakukan kontak atau terjadi hubungan dengan kebudayaan asing. Perubahan sosial budaya merupakan sebuah gejala berubahnya struktur sosial dan juga pola budaya di dalam sebuah masyarakat. 

Sementara, Sistem Budaya merupakan bentuk abstrak dari kebudayaan.. Sistem budaya merupakan ide dan gagasan manusia yang hidup bermasyarakat. Ide manusia tersebut tidak terlepas melainkan berkaitan satu dengan lainnya dalam sebuah sistem. Oleh karena itu sistem budaya adalah salah satu bagian dari kebudayaan. 

Hal yang terkait dengan, adat istiadat yang didalamnya termasuk sistem norma, nilai budaya, dan semua norma yang hidup dan berkembang di masyarakat. Yang mencakup Unsur-unsur Sistem Sosial Budaya, terkait dengan sepuluh unsur sistem sosial menurut Alvin L. Bertrand.

1. Perasaan (sentiment) 

2. Keyakinan (pengetahuan) 

3. Norma Tujuan 

4. Tujuan 

5. Tingkatan atau pangkat (rank) Status dan peranan 

6. Status dan peranan 

7. Sanksi 

8. Kekuasaan atau pengaruh (power) Sanksi 

9. Tekanan ketegangan (stress strain) 

10. Sarana atau fasilitas 

Unsur Budaya menurut Bronislaw Malinowski 

1. sistem norma sosial - yang memberikan kemungkinan kepada masyarakat untuk bekerjasama dan menyesuaikan diri 

2. organisasi ekonomi 

3. alat atau Lembaga Pendidikan (Keluarga) 

4. organisasi politik 

Ciri Sistem Sosial adalah terbuka atau menerima unsur-unsur yang datang dari luar. Hal ini menjadikan terjadinya jalinan antar unsur-unsur dan pertukaran sistem sosial yang berasal dari luar (eksternal). 

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close