Pandangan Sistem Teknologi Merupakan Motor Pengerak Kebudayaan Masyarakat

9/08/2019

Sistem teknologi merupakan salah satu langkah mengenai pengembangan teknologi yang menyebabkan manusia dipermudah untuk melakukan efisiensi dan juga produktivitas. Menurut Leslie White mengatakan perkembangan suatu kebudayaan dan masyarakat ditentukan penemuan-penemuan teknologi dalam suatu masyarakat.

Terutama dalam hal ini, berkaitan dengan penemuan teknologi dalam suatu masyarakat. Hal ini, biasanya berkaitan dengan sistem produksi, serta mental masyarakat dalam setiap penggunaannya sebagai bagian dari persoalan kebudayaan.

Misalnya, mekanisme beradaptasi yang dilakukan oleh manusia, misalnya adalah kegiatan produksi yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan dasar utama yaitu, makanan. Berdasarkan upaya yang dilakukan manusia maka seringkali muncul perkembangan dan perubahan sistem produksi utama dalam suatu komunitas.

Biasanya, hal ini dapat diketahui berdasarkan pola budaya suatu masyarakat. Muncul perkembangan dan perubahan dalam suatu sistem produksi utama dalam suatu sumber daya manusia yang ada dan juga dalam aktivitas distribusi surplus produksi mereka.


Mengenai masyarakat yang memiliki budaya akan diketahui berdasarkan kegiatan produksi mereka, yaitu kegiatan dengan berbagai tahapan kegiatan di masing-masing pekerjaan dilahan pertanian pada komunitas petani.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close