Sosial Budaya : Masyarakat Pedesaan Dengan Hubungan Manusia Secara Individual (Global)

9/28/2019

Menurut Lauer, perubahan sosial dapat dipelajari pada satu atau lebih tahapan dengan menggunakan berbagai bidang studi dan stasiun analis, sedangkan yang dimaksud sebagai perubahan kebudayaan adalah suatu perubahan yang terjadi pada sistem budaya, bahasa, kesenian dan cita rasa pada suatu masyarakat.

Perubahan sistem budaya yang dimaksud adalah perubahan pada sejumlah nilai, norma yang penting disuatu masyarakat. Dengan proses perubahan kebudayaan yang biasanya memerlukan waktu yang cukup lama dan biasanya merupakan kelanjutan dari perubahan sosial.

Kehidupan manusia adalah proses dari satu tahap hidup ke tahap lainnya. Karena, ini adalah perubahan sebagai proses yang dapat menunjukan perubahan sosial dan perubahan kebudayaan atau keduannya pada satu runtutan proses tersebut.

Berbagai kebudayaan yang memiliki peran terhadap perubahan sosial suatu masyarakat, merupakan bagian dari sistem sosial budaya, yang dipahami sebagai lingkungan mereka terhadap sekelilingnya. Maka, dipahami sebagai global, dapat diketahui bahwa masyarakat mesti melek pengetahuan, yang dalam hal ini akan memberikan dampak pada proses perubahan tiap kebudayaan di dunia yang dapat berjalan secara cepat dan lambat.


Perubahan yang dipahami dalam bentuk lainnya adalah proses perubahan yang berjalan secara cepat, yang sering disebut sebagai revolusi, misalnya dalam hal ini ada pengantian sistem pemerintahan di suatu Negara secara tiba-tiba, sehingga mengubah tatanan yang ada sebelumnya.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close