Kritikan Marx : Dimensi Yang Menetapkan Stratifikasi Sosial

10/21/2019

Pandangan mengenai Marx mengenai berbagai persoalan kelas, begitu tampak pada suatu masyarakat. Dimensi ekonomi, yang menetapkan startifikasi sosial merupakan salah satu sistem sosial yang ada di masyarakat. Hal ini, merupakan salah satu pandangan mengenai berbagai persoalan sosial di masyarakat.

Para ilmuwan berpendapat bahwa di samping dimensi ekonomi, akan ditemukan dimensi lain yang membeda-bedakan anggota masyarakat. Kritik lain, adalah bahwa dalam kenyataannya masyarakat industri mengenal kelas lebih dari dua kelas.

Selain itu, pengertian mengenai Marx tentang terjadinya perjuangan kelas, tidak terjadi pada masyarakat industri maju di Eropa Barat dan Amerika Serikat. Melainkan justru terjadi di masyarakat yang sedang berkembang seperti Afrika, Asia dan Amerika Latin.

Pengertian dengan wilayah berkembang akan ditujukan pada masyarakat yang mempunyai produktivitas mereka terhadap sistem sosial budaya masyarakat mereka sesuai dengan sistem budaya sosial. 

Dengan memberikan pandangan yang berbeda dengan Marx bawa dimensi ekonomi tidak pada stratifikasi sosial. Hanya saja konsep kelas dapat dipahami pada masyarakat secara umum, berdasarkan sistem kapitalis.

Berbagai persoalan kelas dalam suatu masyarakat, merupakan salah satu pengertian yang berbeda mengenai kelas. Karena, dalam hal ini dengan berbagai hal terkait dengan sistem sosial di masyarakat akan ditentukan berdasarkan sistem di masyarakat.

Pengertian dasar seperti itu, akan diketahui berdasarkan sistem sosial di masyarakat, berdasarkan pandangan yang berbeda mengenasi kelas. Kelas sosial terjadi dalam perekonomian dan pasar kerja, serta merujuk pada situasi kelas yaitu kelompok individu yang memiliki persamaan dan kepentingan ekonomi. Sementara, kelompok status merupakan komunitas.

Pembedaan mengenai kelas sosial, kelompok status merujuk pada situasi setiap komponen nasib manusia yang secara mendasar memiliki karakteristik ditentukan melalui penghargaan sosial yang spasifik dan bersifat positif dan negatif.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close