Stratifikasi Etnik : Tingkat Kemungkinan Mobilitas Sosial

10/21/2019


Mobilitas sosial dapat dimengerti sebagai perubahan status dari suatu posisi katagori tertentu yang menuju posisi yang lebih tinggi (atau sebaliknya) walaupun umumnya mobilisasi sosial dalam stratifikasi etnis adalah suatu hal yang sukar dilakukan.

Namun, jika diamati diberbagai masyarakat yang terdapat berbagai variasi prosedur  untuk mengizinkan atau melarang melakukan mobilitas sosial tersebut. Dimensi terakhir yang paling penting adalah menentukan variasi stratifikasi etnis adalah tingkat sejauh mana stratifikasi dilembagakan. Jika sistem tersebut dapat dikuatkan maka aka nada batas-batas pembedaan katagori (etnik dan strata).

Apabila pelembagaannya masih belum kuat dan cukup banyak pertanyaan untuk mempermasalahkannya. Hal ini, akan mempengaruhi terjadinya perubahan sistem statifikasi etnis. Maka, pengertian mengenai etniksitas sangat luas jika dikonsep berdasarkan sistem sosial di masyarakat.


Untuk memahami berbagai hal terkait dengan etnik maka persoalan dasar terhadap sistem etnik akan diketahui berdasarkan sistem sosial secara luas. Maka, diberbagai tipe dan dimensi diatas terlihat bahwa manusia berhubungan dengan lain bukan atas dasar dari mereka sebenarnya, tetapi lebih pada dasar mengenai diri mereka sendiri dan orang lain.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close