Sosialisasi Politik : Perbedaan Budaya Melalui Proses Sosialisasi

10/21/2019

Perbedaan sosialisasi politik tiap Negara dapat menimbulkan bidaya politik yang berbeda di tiap Negara. Selanjutnya, budaya politik yang berbeda tiap Negara dapat menyebabkan perbedaan kinerja sistem politik tiap Negara.


Pembandingnya budaya politik dapat membentuk identitas Nasional, karena budaya politik merupakan sikap, tingkah laku dan orientasi pemikiran politik di masyarakat. Sebagaimana, dengan berbagai hubungan sosial budaya masyarakat merupakan salah satu budaya politik berdasarkan norma dan nilai-nilai yang melekat dalam diri individu serta menjadi dasar bagi cara pandang, sikap maupun tingkah laku individu itu sendiri.

Berbagai gagasan menegnai sosialisasi politik merupakan salah satu istilah dalam budaya politik nasional yang menjadi bagian dari sistem politik sosial di masyarakat. Hal ini, merupakan salah satu metode yang biasa digunakan sebagai pendekatan di masyarakat.

Karena, dalam hal ini dengan berbagai sistem sosial budaya di masyarakat yang dapat mempengaruhi berbagai hubungan sosial masyarakat yang memberikan nilai di masyarakat. Kemungkinan, budaya politik cenderung untuk terus berkembang dan berubah.

Dengan berbagai istilah mengenai budaya politik dapat dipahami sebagai bagian dari proses sosialisasi politik di masyarakat yang saling berhubungan dengan sistem politik di masyarakat. Dengan demikian, berbagai pandangan mengenai istilah budaya politik mesti dipahami secara berbeda, sesuai dengan masa suatu perubahan pada aspek politik.


Biasanya, sosialisasi politik mulai dipelajari sejak masa SMP, SLTA dan bahkan universitas. Karena, dalam hal ini berbagai peran di masyarakat memiliki perbedaan yang berbeda terhadap sistem sosial politik di masyarakat berdasarkan sistem sosialisasi yang dipahami.

Ringannya, sosialisasi politik merupakan salah satu pendekatan yang baik bagi masyarakat secara langsung dan tidak melalu berbagai peran media di masyarakat. Untuk itu, berkembangnya pertumbuhan politik di masyarakat akan diketahui berdasarkan sistem sosial budaya masyarakat yang berbeda. Untuk dipahami sebagai suatu identitas dasar dalam berpolitik

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close