Negara Rusia Dan Cina : Putin Dan Xi

12/03/2019


Hasil Demokrasi, merupakan suatu rangkaian untuk mencapai harapan bangsa, jika menguti berdasarkan Negara yang berbeda, seperti Rusia maka dikutip “ Presiden Rusia, Vladimir Putin, dan Presiden Cina, Xi Jinping, menghadiri peluncuran kerja sama pipanisasi gas dari Siberia ke Cina timur laut.
Ini merupakan kerja sama ekonomi yang meningkatkan hubungan antara Moskow dan Beijing.Gas alam mengalir dari pipa Power of Siberia dan merefleksikan upaya Moskow untuk mengalihkan arah ke Timur.
Ini juga merupakan upaya Kremlin untuk memitigasi akibat ekonomi dari sanksi keuangan Barat atas aneksasi wilayah Crimea oleh Rusia pada 2014.
“Langkah ini mengokohkan posisi Cina sebagai tujuan pasar ekspor gas Rusia dan memberi negara itu pasar baru yang sangat besar di luar Eropa,” begitu dilansir Reuters pada Senin, 2 Desember 2019.
Rusia juga menyiapkan dua proyek pipanisasi gas lainnya yang besar yaitu Nord Steam 2 dari bawah laut Baltik untuk menyalurkan gas ke Jerman.
Juga ada proyek pipanisasi TurkStream ke Turki dan Eropa selatan.
Pipanisasi Power of Siberia sepanjang sekitar 3 ribu kilometer ini menyalurkan gas dari lapangan gas Chayandiskoye dan Kovytka di Siberia timur. Proyek ini diperkirakan bakal berlangsung selama tiga dekade dan bisa menghasilkan dana sekitar US$400 miliar atau sekitar Rp5.600 triliun.
“Ini merupakan peristiwa bersejarah tidak hanya bagi pasar energi global tapi juga bagi Rusia dan Cina,” kata Putin, yang menonton peluncuran pipanisasi lewat video link dari resor Laut Hitam Rusia di Sochi.
Putin juga mengatakan ini juga menjadi kerja sama strategis antara Rusia dan Cina dalam energi ke tingkat baru dan membawa kedua negara lebih dekat untuk menyelesaikan proyek, yang ditetapkan bersama dengan pemimpin Cina Xi Jinping.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close