Hakikat Perubahan Sosial

2/23/2020

Pada perbedaan cara pandang dalam melihat efek dari perubahan yang dihasilkan oleh industrialisasi dan kapitalisme industrial bagi umat manusia. Dalam hal ini, dengan berbagai perubahan masyarakat yang berkenan diketahui sebagai masyarakat yang feodal menuju masyarakat kapitalis dan berakhir pada masyarakat komunis.

Berbagai persoalan terkait dengan sistem kapitalisme diketahui melakukan perubahan yang begerak dari masyarakat tradisional menuju masyarakat rasional (modern) yang diketahui sebagai masyarakat pedesaan. Dalam hal ini, pertumbuhan manusia terhadap industrialisasi akan semakin pesat, seiring dengan perubahan massa yang mempengaruhi berbagai persoalan dinamika mereka.

Masyarakat modern atau lebih diketahui masyarakat perkotaan, yang memberikan dampak pada sistem perkotaan, dari urbanisasi, perubahan budaya mereka terhadap berbagai kebudayan dasar terhadap mekanisme dasar masyarakat.

Ketika, hal ini diketahui dengan berbagai hubungan dasar dari sistem rasional manusia yang memiliki peran serta terhadap perubahan masyarakat. Yang diketahui memang, masyarakat industrialisasi akan lekat dengan perubahan masyarakat berdasarkan sistem perubahan yang bersifat positif dan banyak memberikan kebaikan pada kesejahteraan umat manusia. 

Maka, dari itu dengan berbagai hal terkait dengan sistem kapitalisme yang membawa dampak terhadap persoalan sosial yang lebih kompleks. Dengan demikian, berbagai hal yang berhubungan dengan sistem ini merupakan bagian dari perubahan dari setiap industrialisasi masyarakat.

Meskipun akan terdapat perubahan terus menerus dan perkembangan sesuai yang luar biasa pesat dalam kehidupan masyarakat saat ini jika dibandingkan pada revolusi industri berlangsung. Maka, dari itu peran serta masyarakat diketahui dengan signifikan.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close