Ideologi Pancasila : Persoalan Bangsa Indonesia Menghadapi Paham Agama

2/11/2020

Agama  merupakan dasar dari pemahaman mengenai keyakinan setiap individu, kelompok, serta berbagai hal terkait dengan keyakinan mereka sebagai manusia. Manusia dalam hal ini, merupakan setiap makhluk yang diciptakan Yang Maha Kuasa.

Pengertian ideology pancasila merupakan bagian dari ideology suatu bangsa, yang memiliki peran terhadap arah suatu perubahan, serta paham yang demokratis terhadap berbagai nilai-nilai pancasila yang sebelumnya sudah ada berdiri saat ini.

Dengan berbagai hal terkait dengan kelompok mayoritas yang mengklaim. Jika, kesadaran suatu manusia berada pada masa berbagai hal terkait dengan sistem sosial mereka, yang perlu dipahami bahwa setiap paham agama merupakan suatu ajaran bagi setiap individu. 

Bagi, masyarakat yang masih membutuhkan dasar bahwa ideology ada dalam setiap diri manusia maka dalam suatu Negara peletakan yang baik bagi pedoman setiap nilai-nilai yang baik bagi bangsanya.

Demikian, konsep Pancasila sebagai dasar kehidupan berbangsa dan bernegara yang majemuk seperti Indonesia, "(Prof. Yudian Wahyudi), merupakan nilai terbesar bagi kita.


Hanya saja, peran kaum muda saat ini, mesti peka dengan persoalan agama, ideologi dan bisa membedakan mana yang baik dan tidak. Doktrin apapun merupakan salah satu dasar dari berbagai ajaran yang dinilai dengan peran yang baik bagi Negara.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close