Koentjaraningrat : Unsur Budaya Sebagai Pendukung Pembangunan Manusia

4/02/2020

Memahami budaya merupakan salah satu identitas etniksitas terhadap sumbangsih mereka terhadap peran identitas terhadap etniksitas bagi masyarakat secara umum. Dalam hal ini faktor pendukung dalam sistem budaya masyarakat merupakan salah satu moda bagi pendukung dari sumber daya manusia.

Dengan berbagai hal terkait dengan sistem budaya masyarakat yang memiliki kriteria terhadap peran terhadap budaya dasar dari masyarakat untuk memahami berbagai dasar pendukung terhadap dukungan budaya sebagai jalan bagi pembangunan bangsa.

Secara umum, pengertian budaya dapat dipahami berdasarkan ahlinya seperti Koentjaraningrat, yang memiliki unsur universal serta berbagai hal terkait dengan sistem kebudayaan bangsa diberbagai Negara-Negara.

Jika memahami unsur kebudaayaan dapat dipahami berdasarkan unsur yang terkait dengan hal ini yaitu Bahasa, sistem pengetahuan, organisasi sosial, sistem kemasyarakatan, teknologi sistem peralatan hidup, Mata Pencaharian, Religi dan Kesenian.

Sementara, penjelasan masing-masing unsur dapat dipahami berdasarkan keindahan dalam pengucapan (Bahasa), pengetahuan berdasarkan kondisi yang umum yang meliputi unsur waktu, flora dan fauna, ruang dan bilangan, serta sesama manusia, dan tubuh manusia. Sedangkan organisasi sosial, lebih kepada kekerabatan yang berlangsung, sementara berbagai hal terkait dengan mata pencaharian merupakan factor pendukung bagi keberlamgsungan kehidupan manusia, begitu juga dengan Religi dan Kesenian.

Pada dasarnya berbagai hal terkait dengan kebudayaan merupakan salah satu pengenalan bagi setiap manusia yang akan tumbuh berdasarkan sistem sosial budaya mereka yang berlangsung di masyarakat.


Berbagai hal terkait dengan budaya merupakan salah satu cara bagi pengenalan manusia untuk lebih berlangsung dengan perubahan sosial sebagai dasar dari upaya dalam menciptakan sumber daya manusia yang baik dan unggul.

Hanya, saja pengertian budaya merupakan bagian dari sistem yang luas, dikarenakan dengan berbagai hal dan factor yang memiliki dinamika berbeda, terhadap persoalan sosialnya. Sehingga, tidak dapat dipungkiri ketika berbagai hal terkait dengan sistem budaya memiliki kelangsungan terhadap masyarakatnya.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close