Perlindungan Data : Privasi Setiap Manfaat Teknologi

5/09/2020

Apa yang menarik mengenai berbagai data terkait dengan tema yang diangkat melalui diskusi mengenai perlindungan data anak, yang dalam hal ini terkait dengan identitas anak, serta berbagai terkait dengan data pribadi individu, kelompok, organisasi, serta perusahaan.

Yang dalam hal ini, akan saling terkait berdasarkan kebutuhan serta kapasitas mereka terhadap upaya dalam menerapkan setiap kebijakan Nasional, secara merata. Dan dalam hal ini, keterlibatan Negara juga penting dengan berbagai akses informasi yang diterima agar dapat digunakan dengan baik sesuai dengan tema yang diangkat dalam persoalan ini.

Tetapi, dalam hal ini adanya data yang bocor misalnya, itu memungkinkan data masing-masing kebutuhan yang mendesak atau tidak, tetap saja mesti diperhatikan sebagai dasar dari perlindungan hak mereka terhadap berbagai kekhwatiran yang terjadi.

Maka, dari itu peran Negara dalam hal ini hanya bisa memasukkan berbagai informasi terkait dengan sementara saja, sebelum berbagai kebijakan yang dibuat agar didasari dengan sistem kebijakan yang valid sesuai dengan dinamika sosial di masyarakat.

Terkadang kita, tidak lepas dari masyarakat tertentu misalnya, yang memanfaatkan berbagai data itu sebagai persoalan konflik sosial diberbagai hal. Itu tidak bisa dihindari ketika persoalan tersebut, digunakan tidak baik. Dalam menagkap berbagai fenomena sosial di masyarakat maupun dimedia sosial seringkali data-data tersebut diakses kemudian disalah gunakan.


Sehingga, tidak hanya dalam masyarakat, tetapi di media sosial juga begitu, sementara perangkat teknologi yang digunakan jika tidak diatur dengan sebaiknya, akan disalahgunakan dan tidak sesuai dengan implementasinya, akan berdampak buruk bagi setiap pengguna.

Yang dalam hal ini, membutuhkan bagian dari sistem budaya yang baik dalam penggunaan teknologi, hal ini akan bisa digantikan dengan berbagai persoalan bagi kepentingan saja, Dan  itu mesti dihindari juga, begitu juga pada peran masyarakat dalam menggunakan teknologi untuk bisnis, apalagi berbagai kebutuhan digunakan secara online.

Setiap fitur dimedia sosial mesti digunakan sebaiknya dengan dasar dari setiap kebijakan yang dibuat oleh Negara, untuk tetap memperhatikan berbagai manfaat serta kerugian yang dihasilkan.


Jakarta, Forum Elsam.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close