Ringkasan Politik Sosialis : Revolusi Kuba

5/01/2020


Perubahan suatu Negara, berdasarkan sistem pemerintahan yang dibuat pada masa, Revolusi Kuba merupakan peristiwa monumental mengenai perubahan politik dan sosial secara radikal, di mana Che Guevara mengambil peran sentral. Ia ikut memimpin tentara pemberontak mengalahkan pasukan Fulgecio Batista. 
Perjuangannya menjadi buah bibir di seluruh dunia, dan Che menjadi ikon tersendiri. Buku ini menguraikan perjalanan Che bahu-membahu bersama Fidel Castro menumbangkan pemerintahan Batista yang korup dan kejam.
Dikisahkan bagaimana kelompok kecil pemberontak memetik kemenangan demi kemenangan, merebut pos demi pos, dan akhirnya 200 pucuk senjata pemberontak berhasil menaklukkan 10.000 pucuk senjata Batista. Akhirnya, buku ini juga mengungkapkan pandangan-pandangan Che Guevara mengenai bagaimana Kuba harus dibangun menjadi sebuah negara sosialis yang makmur, di tengah tekanan yang dilancarkan oleh negara tetangga adikuasa, Amerika Serikat.
Ketika, perjuangannya melawan Amerika Serikat, tentunya tak luput dari perjuangan revolusi yang dibuat secara langsung. Tahapan radikal yang dibuat mereka, sesungguhnya hanya untuk mencapai persoalan dasar dari sistem politik dan sosial di masyarakat, yang merupakan dasar dari penekanan atas kemakmuran mereka terhadap hubungan masyarakat yang berperan dalam suatu fenomena sosial yang dibuat.
Berbagai hubungan dasar dari sistem politik sosial yang menggambarkan berbagai Negara ketika itu, juga membangun sistem politik mereka dengan keterkaitan masyarakat secara umum. Apa daya, ketika itu berdampak pada sistem politik, akan berbeda, dengan kali ini seperti Negara Indonesia, yang kerabkali membawa dampak konflik sosial pada masyarakat saat ini, berbeda, dengan tanggapan yang ada merupakan salah satu fenomena masyarakat yang berdampak pada upaya manusia dalam mencapai hubungan politik yang amat serius.
Kali ini, revolusi yang dibuat berdasarkan jajaran masyarakat yang berdampak pada fenomena masyarakat hingga saat ini, yang mengarah pada sistem politik yang mesti berperan dalam perubahan. Dengan berbagai hal terkait dengan sistem sosial masyarakat hingga saat ini, akan kali membawa dengan berbagai hubungan mereka terhadap peran masyarakat secara umum.


0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close