Kelas Pekerja : Rasional Pada Masyarakat Modern ?

8/24/2020

Kebijakaan yang rasional akan diketahui dengan adanya Negara yang juga memiliki peran terhadap gaya hidup manusia modern. Tetapi, dalam suatu tindakan sosial yang menarik untuk dipahami ketika kehidupan tradisional menjadi bagian dari pelestarian terhadap pandanga sebuah agama.

Pertanyaannya adalah apakah tindakan sosial yang etis dapat direduksi menjadi sebuah tindakan rasional yang mementingkan aspek instrumental saja, tetapi dalam hal ini memiliki sesuatu rasional jika tidak mengorbankan segelintir individu dan kepentingan kelompok yang lebih besar? pemikiran Weber dikritisi oleh Bauman ketika melihat bagaimana rasionalitas masyarakat modern terlalu dekat dengan proses klasifikasi secara instrumental yang berupaya mengendalikan kelompok manfaat.

Sebuah tragedy modern adalah semakin dinginnya ikatan empati sehingga setiap individu hanya mengukur segala sesuatu secara instrumental dan objektif seperti sebuah benda tanpa sungguh-sungguh memperhatikan sebuah kondisi sosial dan personal secara mendalam.

Dalam sebuah kehidupan sosial, kita perlu berhati-hati dan bersikap sensitif dalam menerapkan nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Budaya apa yang disampaikan terhadap persoalan masyarakat pekerja, dalam melihat persoalan yang masih rasionalkah?

Yang mengindahkan dalam setiap sistem budaya massa yang sempat menjadi dasar dari upaya pembenahan masyarakat yang dapat diketahui dengan sistem dinamika budaya kerja mereka, atau berbagai hal terkait dengan unsur persoalan dari kinerja.

Setiap kebijakan yang dibuat berdasarkan sistem sosial budaya masyarakat, yang seringkali menjadi dasar dari upaya memahami berbagai hal terkait dengan masyarakat yang seringkali berupaya dalam melihat berbagai fenomena budaya yang mereka terapkan.

Kalau untuk diketahui masyarakat pekerja yang banyak di PHK karena, sistem kerja, atau persoalan kesehatan memungkinkan untuk diketahui sebagai dasar konflik manajemen yang dibuat berdasarkan rencana. Hal ini, tidak bisa dipungkiri, jika di dalamnya ada persoalan yang mendasar dari sistem kerja yang dibuat. ‘

Memungkinkan kah, Negara untuk membuat kebijakaan yang baik, terhadap berbagai persoalan ini? tentunya berada pada sistem sosial budaya masyarakat yang memiliki kepentingan. Kepentingan sosial, budaya dan politik di masyarakat yang seringkali menjadi masalah juga.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close