Konsep Biopolitics Yang Mengarah Pada Agenda Politik

9/19/2020

Populasi manusia yang terdiri berbagai sector industry yang bekerja dengan merancang sebuah program untuk menjaga keteraturan terhadap rutinitas dengan merancang program untuk menjaga keteraturan rutinitas dan prilaku yang konformis.

Dengan terjadi adanya kesadaran (software) suatu masyarakat, Negara akan mempunyai kapasitas untuk mengendalikan gerak-gerik seluruh populasi seperti buah catur (hardware). 

Konsep biopolitics secara ringkas mengacu pada agenda politik dalam melakukan manajemen  populasi, yaitu mengarahkan tubuh biologis dari masing-masing individu, tanpa membuat masyarakat menyadarinya atau bahkan, melakukan resistensi terhadap relasi kekuasaan.

Dalam hal ini, maka dapat diketahui mengenai persoalan pribadi-pribadi yang mempunyai posisi sosial tertentu tetapi hanya dinilai sebagai objek, pada tubuh fisik dan instrument untuk memenuhi agenda kelompok berkuasa.

Itulah sebabnya pakar seperti Faucault menjelaskan bahwa “ Jiwa menjadi penjara dalam tubuh”, artinya jiwa manusia yang sudah di implant dengan ideology akan dikuasai oleh kepentingan politik. 

Setelah itu, individu tidak lagi menjadi pribadi, tetapi hanyalah “gumpalan tubuh yang sudah dikendalikan” untuk memenuhi kepentingan tertentu, entah itu tubuh yang digerakkan untuk kepentingan agricultural, industry, dan sebagainya dalam sistem kapitalisme maupun politik.

Hal ini, untuk diketahui bahwa ada persoalan terkait dengan sistem industry pada masyarakat saat ini, dengan berbagai penerapan terhadap kebijakan yang dibuat yang belum sesuai dengan implementasinya.

Dengan begitu, berbagai persoalan terkait dengan pengetahuan yang layaknya dapat dipahami dengan sistem yang berfungsi ditengah masyarakat, untuk dipahami dengan sistem yang baik hingga pada aspek religious-konservatif  yang dianggap kirang bermoral, maka akan sampai pada aspek agama.

Yang dapat diketahui dengan berbagai persoalan yang dapat dipahami dengan produktif dan dianggap sebagai manusia normal.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close