Masyarakat lolak, perlu memahami berbagai hal terkait dengan pemasaran. Dalam hal ini, telah dikenal sebagai desainer produk. Saat ini, d yang sedang berada di pedalaman pulau Kalimantan, Maluku, dan Papua.
Dengan berkolaborasi dengan
para pengrajin atau pengusaha lokal, para desainer tersebut ditantang untuk
mengembangkan produk kerajinan yang sudah ada untuk disesuaikan dengan
kebutuhan pasar.
Banyak di antara produk-produk
tersebut berhasil mengintrusi market baru melalui
keikutsertaan serta penempatannya di pameran-pameran skala international, di
galeri desain dan gerai-gerai homedecor di Jakarta, Bali, dan
beberapa kota di mancanegara.
Akhir-akhir
ini pun muncul beberapa program yang diusung pemerintah pusat maupun daerah
untuk membangun industri kerajinan dengan suntikan keilmuan desain yang
bertujuan untuk mempenetrasi pasar baru, domestik maupun internasional,
sehingga dapat membangkitkan lagi aspek ekonomi di kampung-kampung kerajinan.
Adapun juga contoh program yang
mengikutsertakan berbagai profesi desainer untuk menemukan potensi kreatif di
suatu daerah merupakan salah satu bagian dari sistem pemasaran, yang dikenal
sebagai produksi masyarakat kampong.
Jika ditelaat, persoalan
terkait dengan potensi aspek sosial kreatif masyarakat memiliki peran penting
terhadap dinamika sosial masyarakat yang erat saat ini. Apalagi, bahan bakunya
akan melibatkan berbagai persoalan sosial masyarakat Desa.
Persoalan yang dapat dipahami
dengan berbagai hal terkait dengan sistem dinamika masyarakat, yang memiliki
peran penting terhadap penggunaan teknologi tentunya harus memberikan dampak
pada setiap masyarakat dalam memahami pengetahuan sosial yang baik, bagi
penggunannya.
Pada dasarnya, teknologi
diciptakan untuk menjagkau kebutuhan masyarakat dengan cepat, sehingga dapat
memiliki berbagai peran terhadap sistem penggunaannya.
0 comments