Wright Mills : Pendekatan Konflik Yang Bersifat Kemasyarakatan

10/18/2020

Pendekatan konflik dapat dilihat karena penyebab masalah sosial yang bersumber pada pengendalian sosial yang tidak sah dan eksploitasi. Perbedaannya dengan pedekatan struktural fungsional dapat ditemukan disini.

Sudah disampaikan bahwa persoalan terdahulu yang memang dikarenakan masalah sosial karena ketidakmampuan  menjalankan fungsi sosialnya. Ketidakmampuan menjalankan fungsi sosialnya. Sehingga dalam hal ini, menyebab adanya konflik karena ada suatu kepentingan dalam setiap hal ditingkat masyarakat.

Wright Mills menggunakan terminology personal trouble dan public issue untuk masing-masing disfungsi. Hal ini, sudah diuraikan tadi karena dalam hal ini masalah sosial khususnya adalah yang disebut public issue.

Dari sebuah pandangan seperti yang diketahui bahwa dengan adanya penganguran , daerah kumuh, korupsi, ditafsirkan sebagai akibat adanya ketidakfungsian salah satu unsur atau beberapa unsur dalam sistem masyarakat, dan bukan karena distorsi masyarakat sebagai suatu sistem itu.

Hal ini membedakan pandangakn konflik, karena pandangan konflik melihat gejala yang disebut tadi sebagai akibat adanya, pengendalian terselumbung, yang mempengaruhi masyarakat dan bahkan dapat mengubah arah kehidupan seluruh masyarakat.

Pengaruh terselubung yang dikendalikan sejumlah kepentingan di masyarakat, maka konflik sosial berlangsung dengan masing-masing persoalannya. Pandangan ini, akan berakibat pada pembangunan yang berdampak pada pemilikan umum.

Misalnya, dalam hal ini kepemilikan tanah untuk keperluan pasar swalayan dan lapangan golf. Maka, dengan demikian berbagai hal terkait dengan menanamkan masalah konflik dalam struktur masyarakat, sehingga bukan hanya disfungsi sosial.

Tata pemerintahan, yang diketahui dengan aspek budaya masyarakat akan saling mempengaruhi dengan kondisi yang menyebabkan masyarakat untuk berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk menanggulangi hal ini, maka perlu perombakan secara fundamental terhadap seluruh masyarakat.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close