Bagaimana Peran Agama Katolik Untuk Pembangunan Iman

11/08/2020

Pandangan mengenai agama akan berbeda jika setiap perdebatan menjadi bahan untuk saling mengkoreksi dengan pandangan agama lainnya. Dengan begitu, agama merupakan salah satu bentuk sebuah kebudayaan yang erat dengan symbol kepercayaan yang diyakini sebagai proses pembawaan iman yang baik dihadapa seluruh umat manusia.

Setiap agama, memiliki pengajaran iman untuk membuat manusia menjadi lebih baik, karena dalam hal ini kepercayaan iman merupakan salah satu sumber kehidupan manusia sebagai jalan menuju proses kehidupan yang nyata.

Dengan adanya keberadaan agama yang berdiri kokoh diberbagai wilayah, termasuk di Indonesia, dan dunia tentunya berdampak pada sistem proses pendirian iman yang menjadi cahaya bagi seluruh umat manusia untuk memahaminya.

Begitu juga, dengan berbagai persoalan manusia yang hendaknya memiliki peran terhadap agama yang lebih luhur, untuk memahami posisi mereka terhadap masing-masing agama yang mereka yakini sebagai proses menjadi manusia dalam suatu kehidupan bermasyarakat,

Pendidikan katolik merupakan bagian dari proses dari setiap sumbangsih umat katolik untuk mengabdi dan mendapatkan pendidikan katolik yang baik sesuai dengan kehendak mereka. Agama katolik tentunya mendapatkan pendidikan untuk tetap memahami bahwa agama merupakan bagian dari sistem budaya yang dierat dengan asal mereka berada.

Setiap manusia yang memiliki peran terhadap agama akan menjadi manusia yang baik, bukan untuk menguasai berbagai elemen masyarakat dengan sistem pendidikan yang mereka terapkan, sedangkan untuk mempelajari setiap manusia yang hendaknya memiliki peran dan stigma untuk memberikan jalan dalam suatu kehidupan manusia.

Agama mengajarkan sebagai manusia untuk memahami, apa yang menjadi persoalan mereka terhadap kehidupan, dan keyakinan yang mereka terapkan yang berasal dari kehidupan agama yang mereka jalankan. Suatu proses iman yang berada pada agama tentunya dimulai sejala dini, itu yang diajarkan agama sebagai bagian dari kehidupan selanjutnya.

 

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close