Pertentangan Kelas Pekerja, Dengan Kebijakan Politik

11/19/2020

Pertentangan kelas, merupakan salah satu acuan terhadap berbagai persoalan kelas pekerja, hingga berakhir pada persoalan  konflik pada kelas pekerja. Jika diketahui untuk memahami persoalan buruh di Indonesia, akan diketahui mengenai persoalan Pemilik modal dan alat produksi memuluskan kepentingan akumulasi kapital yaitu deregulasi dan privatisasi.

Kedua hal tersebut pada akhirnya semakin memunculkan, persoalan kelas pekerja dan buruh-buruh baru. Sejak saat ini perampasan ruang hidup rakyat terjadi dan penggusuran hadir dimana-mana, membuat kelas pekerja baik formal maupun informal, menjadi lemah serta semakin tidak berdaya.

Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) mencatat, bahwa sepanjang tahun 2018 telah terjadi 410 letupan konflik agraria di berbagai sektor (seperti sector perkebunan, properti, pertanian, pertambangan, kehutanan, serta infrastruktur), 

Bagaimana, dengan persoalan kaum elit borjuasi, yang memperkerjakan mereka untuk berbagai kepentingan mereka. Yang dalam hal ini dapat diketahui bahwa semakin mudah mengakumulasikan kekayaan untuk keuntungan pribadi melalui sejumlah regulasi dari negara yang semakin memperpanjang angka perampasan ruang, berdasarkan tanggapan mereka.

Hingga akhirnya hari ini, berdasarkan pendapat mereka mengenai elite oligarki semakin menguat dengan berbagai kebijakan instrumen politik elektoral ataupun deregulasi. Kini akhirnya buruh masih belum mampu keluar dari sistem kerja yang korup dan menindas.

Kelas pekerja semakin kehilangan peluang dan kesempatannya dalam menuntut hak yang harus dirtunaikan korporasi kepada mereka. Minimnya pengawasan Negara pada penegakan aturan mengenai Ketenaga-kerjaan semakin memperkuat indikasi ketidak-berpihakan negara terhadap hak buruh.

Berbagai krisis yang berdampak pada mekanisme kelas pekerja, untuk diketahui dengan berbagai kebijakan dibuat hendaknya memiliki persoalan terhadap berbagai kepentingan masyarakat yang berperan terhadap persoalan sistem kelas pekerja, jika untuk memahami berbagai persoalan di masyarakat akan diketahui dengan berbagai hal terkait dengan pembangunan, serta aspek lainnya.

 

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close