Pada dunia pendidikan dan kesehatan, yang dapat diperoleh dengan
kesukuan mereka sebagai manusia, tentunya dapat diketahui dari mereka
melangsungkan produksi sebagai akses ekonomi mereka ketika bekerja.
Dunia pendidikan yang penuh dengan persaingan, akan tampak dengan
dinamika manusia mereka terhadap keimanan mereka sebagai orang beragama,
tentunya ketika gereja saja sepi, tetapi saat perayaan tiba gereja menjadi
penuh.
Untuk bisa diketahui ketika berada pada perayaan paskah, hal ini
menjadi momen pada umat kristiani, baik itu agama Katolik dan Kristen, dan
Islam. Kebiadaban mereka berada pada orang-orang Batak itu, dengan diketahui
bagaimana mereka berlindung dibalik agama dan suku mereka secara kolektif.
Ketaatan yang tidak dapat disesuaikan dalam hal ini, menjadi dugaan terhadap alat untuk saling menciptakan konflik yang mereka buat.Jelas sekali pada Orang Batak Sihombing (Silaban), untuk mendapatkan pekerjaan, kesehatan dan pendidikan ketika berada di Kalimantan Barat Gereja MRPD Pancasila.
Bagaimana dengan orang-orang yangmenyadang sebagai tenaga pendidik, dan kesehatan dalam hal ini, kehidupan ganda pun diperankan di masyarakat, baik itu kesukuan mereka, dan agama yang mereka percayai.
Sistem Perlindungan Agama
Tentunya dapat diketahui bagaimana mereka hidup dalam menjalankan
aktivitas mereka, jika sesuatu terjadi pada sistem agama dan kesehatan,
tentunya menjadi dasar dari persoalan yang mereka lakukan di masyarakat.
Ketidakjujuran dalam bekerja, dalam hal ini jelas pada suku Batak
itu, dan Jawa baik itu orang Batak Siregar, Marpaung, Silaban, dan Orang Dayak.
Dalam hal ini jelas sekali apa yang mereka perbuat selama berada pada orang
terdekat mereka, misalnya sebagai pengajar kampus, sekolah, tenaga medis, dan
karyawan.
Untuk meyakinkan masyarakat, suatu produk ekonomi juga dilangsukan
seperti membuat masyarakata adat di pedesaan, untuk mendapatkan pengakuan. Hal
ini, jelas dengan apa yang mereka kerjakan di masyarakat, resistensi yang
dibuat berdasarkan aspek pendidikan, kesehatan, ekonomi, politik telah jelas
disebutkan dengan aspek pekerjaan mereka ketika di Ibu Kota DKI Jakarta.
Orang-0rang itu jelas dengan produk yang mereka yakinkan di masyarakat, hendaknya menjadi bagian dari aspek persoalan dari masalah mereka sebagai manusia. Biasanya dapat ditemui pada orang Kader PDI Perjuangan, dan Golkar.
Apa yang dihimpun pada masyarakat pedesaan, hendaknya menjadi bagian dari
prilaku dan karakteristik mereka pada aspek lingkungan terpenting di
masyarakat.
Dimulai dari wilayah Sumatera, Medan, hal ini jelas ketika mereka
hidup dalam aspek keimanan mereka terhadap Ketuhanan mereka pada agama Kristen
tentunya, Jelas memang berada pada kondisi yang berbeda saat ini.
0 comments