Maksud dari Paradigma? Dan Bagaimana Membentuk Teori Perubahan Sosial ??

9/18/2013

Banyaknya para pakar mengatakan bahwa suatu teori terbentuk karena adanya suatu latar belakang yang mempengaruhinya. Salah satu dari banyak yang hal yang mempengaruhinya dan membentuk suatu teori adalah apa yang kita kenal yaitu paradigma.


Pada dasarnya paradigma yang begitu sederhana dapat diartikan sebagai kacamata atau alat pandang. Sedangkan pemikiran akademis nya dipahami sebagai pemikiran yang akan diuraikan. Pada dasarnya Thomas Khus menulis beberapa
karya  The Structure Of Scientific Revolution tentang model bagaimana suatu teori lahir dan berkembang. Dari berbagai disiplin ilmu juga ada yang mengatakan ilmu lahir sebagai proses revolusi paradigma. Maka, dari paradigma ini juga, kaitannya begitu erat dengan suatu dukungan dari berbagai usaha seperti penelitian, penerbitan, pengembangan, dan penerapan.

Sehingga, dapat dipahami  bahwa paradigma  menjadi suatu konstelasi teori, pertanyaan, prosedur, pendekatan yang dipergunakan oleh suatu nilai dan tema pemikiran. Kekuatan dari paradigma terletak dari kemampuan membentuk apa yang kita lihat, bagaimana kita melihat, apa yang menjadi masalah dan apa yang kita anggap bermanfaat untuk memecahkan serta apa metode yang kita bisa gunakan dalam meneliti dan berbuat. Dan paradigma juga dapat mempengaruhi pandangan seseorang tentang apa yang adil dan yang tidak adil.

Tetapi, paradigma yang lain sesungguhnya bukan karena urusan “salah dan benar”  karena masing-masing menggunakan alasan, nilai, semangat, dan visi yang berbeda tentang fenomena. Untuk itu dalam memahami aliran teori perubahan sosial maupun pembangunan juga erat kaitannya dengan kekuasaan penganut paradigma perubahan sosial yang bersangkutan untuk memenangkannya. Dengan demikian, berkuasanya suatu teori perubahan sosial ataupun pembangunan adalah lebih karena teori tersebut merupakan hasil atau yang dibentuk oleh suatu paradigm tertentu.

   

 Review, sumber catatan singkat Dr. Mansour Fakih, Part II.















0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close