Kota Mumbai Dan Shanghai

9/15/2016

Hampir dari kita semua sering mengenal kota Mumbai (India) dan Shanghai (China). Kota ini merupakan kota perdagangan penting dan masing-masing memiliki keunggulannya. Setiap kota yang ada selalu bercirikan pelabuhan yang membentang luas, seperti di Shanghai (Bund) dan India (Marine Drive), sebagai ciri nya arsikterur yang dirancang menggambarkan sifat pemandangan kota.
@copyright
Banyaknya peninggalan bangunan bersejarah di masa silam, dan gedung-gendung tua yang kononnya dikelilingi pelabuhan masing-masing di kota tersebut. Terlepas dari kesamaan kota tersebut, telah membentuk bulan sabit, kedua kota berbeda sekali. Perbandingan dari asal usul dan perkembangan kedua kota telah mengungkapkan berbagai prioritas China dan India yang saling bertentangan terkait hak dan kepemilikan public dan kepemilikan pribadi.

Kedua perbedaan ini telah membentuk sebuah kebijakan yang berbeda dan mengakibatkan munculnya kebijakan berbeda yang membentuk lingkungan fisik yang berbeda, dimana banyaknya miliaran orang hidup saat ini. Kecakapan Negarawan dan akses informasi, pemahaman kepemilikan di China dan India tentunya sama penting dengan yang di Barat maupun dari kedua kota itu, untuk saling bekerja sama.

Pengunjung di Shanghai segera henyak oleh gemerlap Pudong, yang muncul hanya pada satu decade sebagai bagian menarik dari strategi kota untuk mengakomodasi penduduknya. Dahulu, Sebagian besar Pudong merupakan lahan pertanian sampai tahun 1990, ketika pemerintah memutuskan membangun Zona Ekonomi Khusus. Kini Pudong menjadi contoh sempurna upaya keras pemerintah untuk mengubah citra Shanghai sebagai Paris di Timur. Kebanggan Pudong saat ini adalah gedung pencakar langitnya yang lebih banyak dari pada Manhattan.

Sementara Mumbai, pembangunan Cuffe Parade yang prestisius oleh kaum kaya di Mumbai telah dirusak dengan kehadiran perkampungan Machimar. Tempat tersebut merupakan keberadaan kaum nelayan. Dalam kurun waktu tertentu, politisi dan para pejabat kota yang berani mengusulkan rencana pembangunan ingin melenyapkan perkampungan tersebut. Hal ini, terus terjadi selama puluhan tahun. Tak dapat diprediksi dengan baik dalam menafsirkan situasi di Mumbai.


 Sumber : Billions Of Enterepreneurs

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close