Pembangunan Pariwisata Pedesaan Berkelanjutan

10/19/2016

Kajian pariwisata pedesaan kini menjadi bagian yang tak terpisahkan dari masyarakat pedesaan.  Banyak hal yang dapat dikembangkan berdasarkan karakter masyarakat pedesaan. Hal ini tentunya berkaitan dengan lingkungan alam yang menarik. Berdasarkan Richard Hummel Brunner mengemukakan bahwa kombinasi perubahan permintaan dan perminatan meliputi makn besarnya perhatian terhadap pariwisata pedesaan.  Dengan adanya budaya lokal yana asli dan sistim penggunan lahan pertanian tradisional.

Dengan begitu, yang harus diperhatikan pada masyarakat didaerah pedesaam harus dilihat dari sisi kekuatan internal sebagai sumber daya yang menyatu pada pengembangan pariwisata pedesaan. Sisi lemahnya pada umumnya dimasyarakat pedesaan adalah kuranya sumber daya manusia yang bergerak dibidang wirausahawan, modal serta keterampilan masyarakat yang hidup dan tinggal didalamnya.

Jika berdasarkan Agnes Gannon berpendapat bahwa lebih banyak memperhatikan pada hal-hal yang diberikan kepada kebutuhan konsumen, seperti kebutuhan permintaan pariwisata. Perubahan-perubahan yang terjadi dalam memenuhi kebutuhan periwisata pedesaan dinilai begitu penting untuk saat ini. Pontensi yang ada di pedesaan dapat disesuaikan dengan upaya menigkatkan pendapatan .

Hal yang sederhana yang dapat diangkat dalam usaha pariwisata agro (aerowisata) dipedesaan yang berskala kecil merupakan suatu kekuatan bagi berkembangnya pariwisata berkelanjutan. Tetapi, sangat disayangkan ketika usaha-usaha aerowisata berskala kecil sering menjadi titik lemah dalam pemasaran hasil usaha. Dengan begitu, hanya yang harus dilakukan adalah untuk mencapai pasar atau target dalam pendistribusian dibutuhkan suatu kerja sama dalam hal pemasaran. Hal ini tentunya, dapat menjadi solusi dalam kelangsungan aerowisata dalam mempertahankan kehidupan dipedesaan dan sector pertanian pada khususnya.



0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close