Klasifikasi Kota

4/19/2017

@copyright google
Perubahan fungsi sebuah kota dapat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi dan informasi. Pada abad ke dua puluh saat ini kebanyakan dari kota-kota yang ada mempunyai fungsi jamak. Hal ini dikarenakan manusia mempunyai kegiatan-kegiatan yang beraneka ragam seperti kegiatan politik, kegiatan sosial, kegiatan ekonomi, kegiatan keagamaan, kegiatan budaya yang pada umumnya berpusat dikota-kota tersebut.

Hal ini dapat dilihat seperti kota industry, yang merupakan kegiatan menonjol dibandingkan dengan kegiatan-kegiatan bukan industri, kemudian kegiatan pusat perdagangan yang besar biasanya merupakan kota-kota pelabuhan. Kota sebagai pusat politik, sebelum eropa barat dilanda revolusi industry, kota-kota yang ada pada saat itu merupakan kota pemerintahan, dikarenakan perubahan situasi dimana muncul penemuan-penemuan baru dibidang teknologi maka beberapa kota yang semula berfungsi sebagai pusat pemerintahan, kemudian berubah menjadi kota-kota sebagai pusat perdagangan dan industri.

Kemudian, kota sebagai pusat kebudayaan, dalam hal ini potensi kulturalnya kelihatan menonjol dibandingkan dengan fungsi lain yang ada. Dalam, masa silam peranan kota sangat penting dalam kehidupan bernegara. Untuk itu kota tidak memiliki fungsi tertentu yang menonjol, biasannya baru merupakan kota-kota yang masih sangat muda usia pertumbuhan atau kota-kota kecil. Dengan begitu, penampakan kota tidak lagi sesederhana seperti penampakan pada tahap pertama atau kedua, namun jauh lebih kompleks.




0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close