Masalah Tipologi

6/06/2017

Memahami fenomena organisasi yang ada didalam masyarakat tentunya sangat beragam. Pemahaman definisi mengenai organisasi yang bervariasi tentunya akan muncul suatu katrakteristik yang sama yang dimiliki organisasi didalam masyarakat. Kesamaan misalnya tentunya bisa dijadikan sebagai dasar dalam pembuatan suatu klasifikasi atau tipologi dari fenomena organisasi yang sangat beragam tersebut.
@copyright google

Untuk mengerti hal ini tentu membuat suatu klasifikasi dalam suatu tipologi mengenai fenomena yang demikian kompleks, amat luas dan sangat beraneka ragam, sudah menjadi hal yang mudah untuk dilakukan. Perdebatan tentang pembuatan klasifikasi atau tipologi ini merupakan sesuatu yang tak bisa dihindarkan akibat dari perbedaan cara pandang, perbedaa penekanan maupun perbedaan yang sifatnya lebih teknis dalam penyusunan klasifikasi atau tipologi.


Klasifikasi atau tipologi ini sangat berguna ketika memilah berbagai macam organisasi yang ada dan juga dapat dipergunakan untuk organisasi dari berbagai bentuk kolektivitas sosial yang lain yang ada dimasyarakat. Sekarang dapat dipahami juga bahwa akan muncul ketika kita menyusun tipologi atau klasifikasi organisasi ini. Permasalahan yang utama dan terpenting dalam kaitannya dengan tipologi organisasi ini adalah dasar dari kriteria, dan pada dasarnya penentuan tipologi ini menjadi perdebatan (debatable).

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close