Pahami Serikat Buruh

6/13/2017

Nah, Serikat buruh merupakan asosiasi para buruh yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan sosial buruh. Serikat buruh merupakan representasi dari masing-masing anggotannya untuk melakukan negosiasi dengan pengusaha terkait dengan semua aspek yang terkandung dalam kontrak kerja, termasuk didalamnya adalah persoalan upah dan kondisi kerja yang diinginkan.
@copyright

Dalam hal ini, maka factor yang mempengaruhi berkembangnya sebuah organisasi buruh di Amerika Serikat. Faktor-faktor terpenting adalah situasi ekonomi. Perkembangan serikat buruh di Indonesia mengalami pasang surut, sehingga kondisi perburuhan di Indonesia mengalami kondisi yang mengenaskan dari masa colonial sampai rezim pemerintah Orde Baru.

Tantangan kedepan gerakan buruh di dunia termasuk Indonesia ini akan mengalami situasi tantangan yang sangat berat, persaingan secara baik itu tentu, baik meliputi lingkup eksternal akis dan internal organisasi buruh. Pengaruh eksternal ditandai dengan semakin meningkatnya kompetisi ditingkat global yang meletakkan tekanan-tekanannnya pada relasi industry di tingkat nasional.

Menurut Tilly, mengatakan bahwa tindakan kolektif buruh seperti pemogokan dikonstruksikan oleh lima komponen, yaitu kepentingan, organisasi, mobilisasi, peluang dan bentuk-bentuk tindakan (Kelly, 1998:Fransozi, 1995). Melalui komponen-komponen ini, tindakan kolektif buruh dibangun dengan pertama-tama berangkat dari munculnya rasa frustasi atau keluhan-keluhan yang disebabkan oleh ketidakpuasan akan ketidakadilan. Perasaan ketidakadilan ini akan menjadi signifikan apabila terjadi pelanggaran objektif terhadap peraturan atau kesepakatan atau bahkan keyakinan.


0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close