Memahami Perubahan Masyarakat

8/06/2017

Pada masa sekarang ini, masyarakat tidak begitu mengerti mengapa ilmu sosial sangat dibutuhkan dalam perkembangan saat ini yang begitu kompleks. Kehidupan masyarakat yang tidak begitu kita pahamai tentunya sulit untuk dipahami secara mendalam. Mengapa demikian? Mungkin, begitu kompleks, atau  tidak menarik.


@copyright.image.google.com

Tidak begitu demikian, hal ini sebanarnya menarik untuk dikaji sebelum untuk mengarah ke persoalan yang lebih kompleks. Ilmu yang mengkaji mengenai masyarakat tentunya sebuah kumpulan manusia yang kompleks dengan berbagai macam hal. Sedangkan dalam sejarah perkembangan umat manusia, masyarakat memainkan peranan penting, dimana mereka menentukan maju dan mundurnya peradaban umat manusia. Dengan begitu, kemajuan suatu bangsa akan bergantung pada kemajuan masyarakatnya.

Ilmu yang mempelajari masyarakat tentunya mengkaji masyarakat secara objektif. Realitas dan gejala sosial yang nampak pada sudut pandang keilmuannya. Dengan pendekatan tersebut maka realitas dan fakta yang ada didalam masyarakat. Hal ini, bertujuan agar keharmonisan dan kedamaian yang ada dimasyarakat tercipta hingga mencapai apa yang dicita-citakannya. Oleh karena itu, mempelajari ilmu sosial tentunya begitu penting untuk mempelajari dan memahami manusia sebagai makhluk sosial.

Untuk melihat hal tersebut, maka penting diperhatikan bahwa kehidupan yang ada disekitar, merupakan salah satu bagian terpenting, dimana merupakan salah satu bagian  identitas masyarakat tersebut. Hal ini bertujuan, agar nilai-nilai dan struktur sosial yang merupakan bagian sistim yang ada dimasyarakat dapat melakukan interaksi.

Perkembangan masyarakat seiring berjalannya perkembangan ilmu pengetahuan setidaknya dapat diterima masyarakat sesuai perkembangan ilmu pengetahuan saat ini. Dengan demikian, perubahan yang terjadi seiringnya waktu dapat berkembang dengan baik, sesuai dengan kemajuan bersama, dimana keberadaan masyarakat tersebut berada. Hal ini agar perkembangan dan kemajuan masyarakat dapat dialami masyarakat sesuai dengan kondisi sosial yang ada.


Para ahli telah menjelaskan dalam berbagai buku yang telah dikaji dengan sesama seperti  Lester F. Ward dalam buku “Dynamic Sociology” dalam tahun 1883, bahwa kemajuan sosial melalui tindakan-tindakan sosial harus diarahkan. Hal ini dikarenakan,  sejak abad ke 19, Eropa merupakan wilayah yang mengalami perkembangan peradaban paling pesat sebagai pusat tumbuhnya peradaban dunia.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close