Tokoh-Tokoh Sosiologi Pengetahuan Karl Mannheim

9/18/2017

Sosiologi pengetahuan merupakan salah satu bagian karya-karya yang perkembangannya merupakan teori sosiologi.  Teori sosiologi tersebut adalah gagasan Karl Mannheim (1893-1947). Mannheim lahir di Hungaria  tetapi hidup di Jerman dan terakhir di Inggris. Ia mempunyai karya besar tentang system pengetahuan. Gagasannya itu merupakan karya-karya Marx khusus mengenai ideology, karya Weber, Simmel dan George Lukacs.


@copyright.images.google.com

Perjalanan pengetahuannya sebagai ahli sosial yang bergerak sendirian dalam bidang sosiologi pengetahuan. Dimana, gagasannya mengenai rasionalitas dianggap memberikan penjelasan yang lebih baik dan dalam kandungan makna yang lebih jelas dibandingkan dengan pembahasan yang dilakukan Weber. Ketika berada di Inggris sekitar tahun 1930-an, Mannheim sangat tekun membangun seperangkat gagasan teoritiknya sebagai kajian sosiologi pengetahuan (sociology of knowledge), yang merupakan salah satu penemuan yang penting dalam karyanya.

Pada dasarnya sosiologi pengetahuan meliputi pengetahuan studi yang sistematis mengenai pengetahuan, gagasan atau fenomena intelektual secara umum. Bagi Mannheim, pengetahuan tergantung kepada eksistensi sosial (Ritzer, 1996). Dimana, pengetahuan berusaha menghubungkan gagasan-gagasan suatu kelompok dengan posisi atau kedudukannya dalam  struktur sosial. Perluasaan ilmu pengetahuan yang dikaji terkait dengan variasi posisi yang berbeda dalam masyarakat, misalnya perbedaan diantara generasi.


Konsep dan gagasannya yaitu ideology dan utopi, ideology adalah suatu sistim gagasan/ide yang berusaha menyembunyikan  (conceal)  dan melindungi (conserve) masa kini dengan menginterpretasikan cara pandang masa lalu. Sedangkan utopia adalah suatu system gagasan yang berusaha melampaui (transcend) masa kini dengan mengfokuskan pada masa datang.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close