Sejarah Feminis Sosialis Tentang Perubahan Sosial

10/24/2017

Pada tahun 1970an, feminis sosialis dianggap sebagai kelompok feminis yang mengembangkan pemikiran teori feminism yang paling dinamis. Bagi feminis sosialis ada hal yang tak diketahui “kebutuhan kesadaran feminis”dilain prihal dan kebutuhan untuk menjaga integritas materialism dari Marxisme. Analisis patriarkhi perlu ditambahkan dalam analisis mode of production . Feminisme sosialis sangat skeptic terhadap asumsi golongan.


@copyright:images:googel.com

Dinyatakan bahwa erat hubungan antara partisipasi kaum perempuan dalam produksi dan meningkatnya status kaum perempuan. Bagi penganut feminis sosialis, partisipasi kaum perempuan dalam ekonomi tidaklah cukup sebagai kondisi menaikkan status perempuan, meskipun rendahnya tingkat pertisipasi perempuan memang mengakibatkan rendahnya status kaum perempuan.

Salah satu pemikiran sosialis Zillah Eisenstein tentang teorinya capitalist patriarchy, Suatu istilah yang ditekankannya untuk menyeimbangkan dialektika antara struktur kelas kapitalis dengan struktur hirarki seksual, karena patriaki muncul sebelum kapitalisme dan tetap ada setelah masyarakat pasca kapitalis.

Dalam hal ini, Eisenstein mulai membuat analog tesis kaum perempuan sebagai suatu kelas, dengan menguraikan apa yang oleh Marx disebut masalah alienasi, yang dapat diterapkan pada kaum perempuan, juga dipotong baik oleh kapitalis maupun oleh patriarkhi untuk mencapai nilai-nilai esensi mereka, yakni dari life as a species being Dengan cara yang sama, penindasan kaum perempuan juga bisa menimbulkan kesadaran revolusi.


Akan tetapi, bagi feminism sosialis, ketidakadilan terhadap kaum perempuan muncul bukan karena perbedaan biologis antara lekaki dan kaum perempuan, tetapi lebih karena penilaian dan anggapan terhadap perbedaan itu, suatu analisis yang menjadi dasar analisis gender yang akan diuraikan dalam bagian lain. Dengan begitu, pemikiran feminism sosialis mengkombinasikan teori Marx, dengan fakta universal subordinasi perempuan, sebagai landasan untuk studi perbandingan dan praxis baru.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close