Pengertian Umum Mengenai Kekuatan Politik Di Dalam Sistem Politik

11/24/2017

Persoalan politik merupakan salah satu bagian hal terpenting dalam menentukan nasib Republik Indonesia. Hal ini selalu menjadi hal utama dalam menangani bagaimana dinamika persoalan itu sendiri bekerja. Yang dikaitkan dalam sistem demokrasi yang pernah berkembang di Indonesia sejak awal kemerdekaan hingga periode reformasi tentunya menjadi suatu pertimbangan, kamana arah politik tersebut berjalan.

@copyright:images.google.com
Hal yang begitu penting ini tentunya, agar menjadi pertimbangan dan menekan berbagai persoalan yang terpenting dalam persoalan-persoalan yang ada di masyarakat. Partai politik, Non pemerintah, dan  masyarakat dalam hal ini harus turut berperan dalam menentukan arah pembangunan atau pembaharuan Indonesia ke depannya. Tetapi, persoalan yang harus dijaga, terutama di masyarakat, tentunya dengan saling menjaga agar tidak ada pergesekan atau konflik kepentingan terjadi.

Sistem politik di Indonesia akan terus berlangsung selama dinamika yang ada di masyarakat terus menjadi salah satu acuan dalam sistem politik . Kepentingan dan aspirasi misalnya yang diajukan oleh partai politik merupakan energy bagi sistem politik untuk membuat pelbagai kebijaksanaan. Jika partai politik, ikut dalam pemilu untuk merebut atau mempertahankan kekuasaan terutama dalam kaitannya dengan kekuasaan legislative, maka lain halnya dengan kelompok kepentingan dan kelompok penekan.

Dalam hal ini peran yang dibutuhkan tentunya menjadi salah satu bagian yang penting dalam pergulatan politik dalam pemerintahan. Dengan melalui proses dinamika politik yang begitu panjang dari masa-masa yang lalu, tentunya saat ini peran dan ikutserta masyarakat dan kelompok kepentingan merupakan salah satu bagian aspirasi dalam mewujudkan kepentingan bersama di public. Hal ini, tentunya harus menjadi catatan bahwa persoalan yang ada di masyarakat harus menjadi kepentingan setiap pemangku kebijakan.

Pertarungan politik disetiap decade, tentunya menjadi perbaikan bersama bagi setiap kepala daerah dalam membenahi persoalan yang ada di masyarakat. Jika, persoalan yang ada terus berkembang tanpa ada solusi tentunya menjadi salah satu persoalan dalam mewujudkan program kerja yang sudah ditetapkan. Dengan demikian, menjaga setiap kepentingan untuk tidak menjadi polemic bagi masyarakat menjadi hal yang paling utama dalam mewujudkan kepentingan bersama.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close