Cerita Indonesia Dalam Menyatukan Produksi

12/27/2017

Membaca ulang sejarah tentunya mengasikan, ketika sejarah menjadi pengingat kita dalam mengatasi persoalan yang ada disetiap kita, dan masyarakat. Hal ini, tentunya mengingatkan kita bahwa ada masa dimana kejayaan menjadi salah satu nilai sejarah yang membuat masa-masa menjadi seperti ini. Bertahun-tahun para pembaharu liberal memburuk-burukkan sistem perusahaan. Berkali-kali juga, bahwa mereka mengemukakan keyakinan mereka akan manfaat permainan bebas kekuatan ekonomi.

Tetapi, ingatkan bahwa sebelum Indonesia merdeka, bahwa perkembangan sebagian usaha pertanian begitu menakjubkan. Antara 1870 dan 1885, tampak produksi dan perluasaan wilayah begitu berkembang pesat. Tetapi, dari persoalan tersebut, meskipun ekonomi meningkat, tetapi keseimbangan begitu dibutuhkan, Karena eksploitasi lahan merugikan kondisi disekitarnya.

Konsep dari ekonomi liberal yang begitu menguntungkan, tetapi disatu sisi tidak begitu baik, tentunya dalam hal ini dibutuhkan keseimbangan yang mutlak. Kita sadar bahwa bukan hanya prinsip-prinsip  ekonomi liberal saja, tapi berbagai alasan lain pastilah menjadi penyebab pemekaran perniagaan  dan industry ini. Dalam sejarah panjang Indonesia peritiwa tersebut dicatat dan dingat sebagai peristiwa sangat yang penting, persoalan yang terjadi di Indonesia misalnya, dimana sebelumnya terjadi gempa, salah satu tempat di pulau Jawa.

Hal yang menarik mengenai stigma yaitu “Timur” dalam pandangan begitu banyak orang Belanda yang menggangap itu adalah tempat yang hanya cocok untuk orang Belanda, yang menganggap itu adalah tempat hanya cocok untuk orang yang telah gagal memanfaatkan kesempatan di negeri sendiri. Orang yang segala tingkat masyarakat  mulai melihat Indonesia seperti Amerika pada abad ke-19, sebagai negeri yang menawarkan kesempatan bagus untuk memperoleh penghidupan baik bagi orang yang mau bekerja. 

Para pemodal kala itu berminat, dan masuk ke Indonesia untuk berinvestasi, hal ini tidak bisa dipungkiri bahwa Negara dan masyarakat membutuhkan Negara-negara lain untuk datang dan bermodal di Indonesia. Hal yang menarik ketika itu, disektor pertanian, dengan memajukan pertanian yang ada di Indonesia, dan kini banyaknya Negara lain memberikan penghidupan lain juga diberbagai sector. Kemudian, sector minyak juga dapat ditemukan di Indonesia. Pengelolaan, yang baik ketika itu orang Indonesia mengerti dan memakai untuk berbagai keperluan.

Ini, suatu kilasan dalam melihat bahwa ada potensi di Indonesia, dalam mengsejahterakan masyarakat. Perkembangan yang begitu pesat hingga saat ini, memberikan perkembangan dari setiap masa. Dengan mengingat, tentunya dibutuhkan dalam hal ini adalah keseimbangan dalam pengelolaan sumber daya alam. Sehingga, persoalan yang ada tentunya dapat memberikan suatu nilai tambah dalam mengatasi persoalan-persoalan yang mendesak dan tentunya yang tak dapat dikontrol oleh manusia.


0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close