Pandangan Mengenai Persoalan Hutan Di Indonesia

12/21/2017

Persoalan hutan merupakan salah satu bagian dari persoalan global. Karena, hutan salah satu bagian dari kebutuhan yang ada di bumi dan manusia. Tanpa hutan, ekosistem yang ada didalamnya akan punah perlahan. Bagaimana dengan penanganan hutan saat ini? masih banyak konflik yang ada. Hal ini, tentunya akan berkaitan dengan kebutuhan manusia itu sendiri.


Hal yang serius ini, terus menerus dikaji dengan berbagai hal dan pandangan yang ada diberbagai kalangan. Hutan, merupakan salah satu persoalan yang serius untuk ditangani. Apalagi hutan di Indonesia saat ini sudah mencapai titik yang harus diperhatikan dengan baik. Pengaruh hutan, akan berdampak pada iklim, bencana, dan krisis udara pun tak luput dari persoalan hutan. Belum lagi persoalan ekosistem yang ada didalamnnya.

Jika kita melihat persoalan tersebut, maka yang harus diperhatikan dari hal ini adalah tata kelola hutan, fungsi hutan, dan apa saja yang menjadi bagian dalam pembahasan mengenai persoalan hutan. Untuk melihatnya tentunya kebijakan menjadi salah satu perjalanan yang ditempuh. Dengan demikian, jika dilihat dari pengaruh hukum adat, maka dapat dilihat bagaimana prilaku masyarakat desa dalam sistem kebudayaannya. 

Sebab, bagi kebanyakan masyarakat desa (Indonesia) yang masih bersahaja, pola kebudayaan mereka boleh dikatakan identik dengan hukum adat mereka. Seperti yang dikemukakan oleh para ahli Soetarjo Kartohadikoesoema (1965), seorang ahli pedesaan, “Jiwa Hukum Adat” adalah merupakan dasar kebudayaan nasional Indonesia asli.

Persoalan yang terjadi terhadap hutan di Indonesia, barangkali dapat diperiksa dengan seksama mengenai apa yang menjadi persoalan yang memang mempengaruhi dari persoalan yang memang diluar dugaan, baik itu kebijakan, sistem, dan lainnya.  Bencana yang terjadinya misalnya, sudah menjadi persoalan yang tak bisa dipungkiri, ketika apa yang terjadi tentunya tak jauh dari manusia itu sendiri. Pemanfaataan hutan dalam hal ini perlu diperhatikan.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close