Apa Yang di Maksud Dengan Prilaku Konsumen

1/30/2018

Peristiwa peralihan yang berkaitan dengan objek barang atau jasa yang membutuhkan dua pihak yang saling berhubungan, dimana penyedia barang dan penyelenggara jasa dan pihak pemakai/pengguna barang atau jasa. Dalam literature ekonomi, kelompom pertama disebut sebagai pengusaha, sedang kelompok kedua disebut konsumen.

Konsumen adalah setiap pengguna barang atau jasa untuk kebutuhan diri sendiri, keluarga atau rumah tangga, hal ini akan menyangkut proses keputusan sebelum pembelian serta tindakan dalam memperoleh, memakai, mengonsumsi, serta menghabiskan produk yang meliputi prilaku yang diamati. Nilai-nilai yang dimiliki konsumen memiliki persepsi, dimana mengevaluasi alternative serta apa yang mereka rasakan tentang penggunaan dan kepemilikan produk yang bermacam-macam.

Untuk memahaminya, ada dua factor utama yang mempengaruhi prilaku konsumen, yaitu factor sosial budaya yang terdiri atas kebudayaan, budaya khusus, kelas sosial, kelompok sosial, dan referensi, serta keluarga. Sedangkan factor yang mempengaruhi terdiri atas motivasi, persepsi, proses belajar, kepercayaan dan sikap.


Hal yang menarik jika dipahami ketika pembelajaran mengajarkan para pemasar bahwa mereka dapat menciptakan permintaan akan suatu produk dengan menghubungkannya dengan doringan yang kuat, menggunakan petunjuk motivasinya, dan memberika penguatan positif. Misalnya, suatu perusahaan baru dapat memasukan pasar dengan memberikan dorongan yang sama yang digunakan pesaing dan memberikan konfigurasi petunjuk yang mirip karena pembeli memilih mengalihkan pada merek yang sejenis daripada yang berbeda.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close